Breaking News

Senin, 27 Juni 2016

Danau kerinci danau indah penuh misteri

Danau kerinci danau indah penuh misteri

 danau kerinci jambi

Danau Kerinci merupakan sebuah danau yang terletak di Provinsi Jambi, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Kerinci. Danau ini memiliki luas wilayah 5000 meter persegi dengan memiliki ketinggian 783 meter di atas permukaan laut. Danau yang terletak di kaki Gunung Rayo ini merupakan Danau terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci dan kedua terbesar di sumatra selepas danau toba, Luasnya adalah 4.200 hektare. 

Danau ini terletak sekitar 16 kilometer di Selatan Kota Sungai Penuh. Danau ini berada di dua wilayah Kecamatan yaitu Kecamatan Keliling Danau dan Kecamatan Danau Kerinci. Danau Kerinci merupakan danau vulkanik yang memiliki kedalaman 110 meter. Danau Kerinci mempunyai pengaruh yang besar dalam memenuhi kebutuhan air di daerah sekitar kerinci baik untuk pertanian maupun kebutuhan air minum masyarakat.

Image result for foto danau kerinci jambi

Selain memenuhi kebutuhan masyarakat kerinci pemerintah daerah juga menjadikan danau ini sebagai destinasi wisata utama di daerah Jambi. Danau yang menyimpan cerita legenda Calupat dan Calungga ini menjadi tempat berlangsungnya Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) yang diadakan setiap tahun. Festival tahunan ini sudah dimulai sejak tahun 1999. Kegiatannya adalah menampilkan berbagai macam atraksi kesenian masyarakat Jambi sebagai suguhan untuk para wisatawan yang datang berkunjung.
Uniknya masyarakat danau kerinci ini dimana setiap Desa yang bertetangga satu sama lain hanya berjarak 1-2 KM, masing-masing Desa tersebut memiliki nama yang berbeda namun keunikannya adalah setiap desa tersebut memiliki bahasa masing-masing, atau bahasa mereka sendiri dalam setiap desa bayangkan jika ada seribu desa pasti bahasanya juga seribu jenis. Mayoritas penduduk kerinci ini adalah islam.

Image result for foto danau kerinci jambi

Banyak cerita misteri tersembunyi di sebalik danau kerinci paling mendapat perhatian tentu saja lagenda dua beradik cilupat dan cilungga yang salah seorang dari mereka secara misteri berubah menjadi naga bisa di baca kisahnya di sini. cerita misteri danau kerinci jambi

Masyarakat kerinci juga percaya ada harta karun berupa emas berbentuk kuda tersembunyi di dasar danau kerinci yang pernah di lihat timbul ke permukaan saat gempa bumi dahsyat melanda kerinci pada tahun 1995 dahulu, menurut cerita rakyat emas yang tersembunyi di dasar danau kerinci tersebut di perkirakan sebesar kuda dan persis berbentuk seperti kuda jantan dewasa, selain itu emas tersebut juga di katakan bermata berlian dan sentiasa bersinar.

Menurut informasi ada belasan penyelam dari ingris pernah coba mencari harta karun tersebut pada tahun 1997 melalui daerah tepian rajo desa seleman koto tengah tetapi usaha mereka dikatakan gagal bahkan beberapa orang dari penyelam tersebut tidak bisa kembali ke daratan.

Image result for foto danau kerinci jambi

Menurut cerita masyarakat sekitar, danau kerinci juga setiap tahun sentiasa mencari korban nyawa bahkan ada di antara korban tersebut sudah puluhan tahun menjadi nelayan mencari ikan di danau kerinci tiba-tiba secara mengejut di temui mati akibat lemas.

Ada beberapa nelayan pernah mengalami satu peristiwa aneh dimana saat ia mandi di tengah danau kerinci tiba-tiba ia merasa di tarik ke dasar semakin kuat ia berteriak minta tolong semakin kuat pula ia di tarik ke dasar danau, nelayan itu juga mengaku saat tubuhnya mulai lemah dan semakin tenggelam ia hanya mampu ber do'a di dalam hati dan membaca ayat-ayat suci yang ia hafal mungkin ajalnya tidak di danau kerinci perlahan ia mulai timbul dan berhasil menggapai sampannya dan kembali ke tepian danau.

Mungkin cerita dan kisah di atas adalah sebuah cerita rakyat yang di sampaikan melalui bibir ke bibir yang lain walau bagaimanapun cerita-cerita atau mitos seperti ini haruslah kita pelihara sebagai salah satu bentuk promosi wisata ke danau kerinci.

Image result for foto danau kerinci jambi

Allah berfirman yang bermaksud:

"Di mana jua kamu berada, maut akan mendapatkan kamu (bila sudah sampai ajal), sekalipun kamu berada dalam benteng-benteng yang tinggi lagi kukuh." (Surah an-Nisa': 78)

Ayat ini menjelaskan kepada kita bahawa seseorang manusia itu tidak boleh memisahkan dirinya dari ajal kematian. Seseorang itu pasti akan menempuhi maut sama ada dia berada di medan perang atau di atas hamparan.
Designed By Published.. Blogger Templates